Prestasi Mahasiswa

Biologi FMIPA Untan Membawa BASO Ikan ke Tingkat Nasional

By Admin

Biologi FMIPA Untan kembali mengukir prestasi di bidang Karya Tulis Ilmiah dengan mengirimkan satu tim yang beranggotakan Barata Nainggolan (Biologi 2014) dan  Cristiar Samosir (Biologi 2014) yang menyabet  juara 3 pada lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Biologi ITB (Nymphaea). Tidak berhenti di situ, tim kebanggaan Biologi ini mendapatkan penghargaan sebagai Ide Paling Bermanfaat. Barata dan Tiar, sapaan akrab keduanya, mengangkat judul “Konservasi Ikan Endemik dengan Metode BASO” yang mendapat banyak pujian dari dewan juri.

“Presentasi kami mendapat pujian karena idenya clear, latar belakangnya clear, dan topiknya juga mengenai ikan endemik yang benar-benar masih fresh” lanjut Tiar, sapaan akrab Cristiar Samosir. Penelitian yang mereka lakukan memang terbilang unik karena mengambil topik konservasi yang sangat menunjukkan ciri khas lingkup biologi itu sendiri. Menurut Tiar, ide yang ditampilkan peserta-peseta lain juga cukup bagus dan lebih unggul dalam literatur, karena disana sudah banyak dilakukan penelitiannya dan output berupa prototype-nya juga sudah ada, sedangkan Barata dan Tiar  masih terkendala untuk literatur karena tidak banyak buku maupun jurnal yang membahas tentang ikan endemik, kebanyakan membahas tentang ikan budidaya.

Kepercayaan diri mereka untuk menang lomba juga patut dipuji. Pasalnya ide yang ditampilkan cukup menarik perhatian siapa saja. Kemampuan dalam mengemas ide menjadi KTI yang berstandar nasional memang  harus diakui. Tiar mengatakan, “Karena kita udah liat, merasakan kondisi lapangan, jadi ngomong juga berdasarkan kondisi lapangan, bukan lagi berbicara masalah teori tapi udah dengan kondisi lapangan yang mungkin orang lain juga belum tau. Misalnya seperti apa ikan endemik, seberapa gentingnya ikan endemik itu harus dikonservasi. Jadi nggak merasa minder juga dengan orang-orang dari daerah lain dengan ide maupun fasilitas mereka yang udah bagus. Dan pastinya tetap semangat berkarya,” jelasnya.

Hingga saat ini, Barata dan Tiar telah mengikuti berbagai perlombaan mulai dari tingkat regional maupun nasional. Prestasi yang mereka raih cukup banyak dari lomba-lomba tersebut, antara lain Lomba Debat Nasional, Juara 1 dan 3 LKTI Dies Natalis Universitas Tanjungpura, Lomba Debat Bahasa Inggris, dan berbagai lomba lainnya.

Tiar menambahakan bahwa presentasi juga merupakan tahap yang cukup penting dalam LKTI, “Kalau presentasi tetap bagi porsinya, ngomongnya clear, kalau ditanya tetap saling menambahkan dan tidak menonjol sendiri, intinya saling melengkapi”.

© 2017

PROGRAM STUDI BIOLOGI | UNIVERSITAS TANJUNGPURA