Kegiatan Kemahasiswaan

Biology Back to Nature (B2N)

By Admin

Biology Back to Nature atau biasa  disebut B2N merupakan gawai terbesar Himabio Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (Untan) yang tergolong dalam program kerja Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) pada Divisi Jaringan dan Lembaga (Jarga). Dilihat dari sisi organisasinya, B2N ini menjadi ajang publikasi Himabio sedangkan dari sisi akademik, tentu saja B2N bermanfaat sebagai kanal dalam memperkenalkan jurusan Biologi pada calon-calon mahasiswa yang masih duduk di bangku SMA. Selain itu, ajang B2N dapat membantu sekolah dan pemerintah khususnya Dinas Pendidikan dalam menemukan siswa berprestasi untuk diikutkan dalam perlombaan serupa.

B2N 2017 ini mengusung tema Edukasi dan Inovasi Biologi untuk Sejuta Inspirasi (Evolusi) yang telah dilaksanakan pada tanggal 6-7 Oktober 2017 di Aula Kementrian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Rangkaian acara B2N adalah Sosialisasi, Seleksi Daerah Olimpiade Biologi, Seleksi Final Olimpiade Biologi, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Jawara Biologi, Seminar dan Malam Puncak.

Pada tahap Sosialisasi, siswa-siswi SMA sederajat se-Kalimatan Barat dikenalkan tentang teknis perlombaan Olimpiade Biologi (Olimbio), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), dan pengenalan Jurusan Biologi. Selanjutnya pada tahap Seleksi Daerah, peserta Olimpiade Biologi diseleksi di enam kota/kabupaten, yaitu Kota Pontianak, Kab. Mempawah, Kab. Sambas, Kab. Bengkayang, Kab. Kab. Sanggau, dan Kab. Landak. Olimbio B2N 2017 telah melebihi target peserta yang telah ditentukan dengan peserta terbanyak pada Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau. Peserta yang lulus pada tahap ini akan dikirim ke Kota Pontianak untuk mengikuti Seleksi Final Olimbio se-Kalimantan Barat. Untuk LKTI sendiri, peserta mengumpulkan abstrak yang kemudian diseleksi oleh juri. Setelah itu, tim yang lolos mengirimkan full paper dan melakukan presentasi di Kota Pontianak. Berbeda dengan  Olimbio dan LKTI yang pesertanya adalah siswa SMA sederajat, Jawara Biologi mengajak siswa SMP Se-Kota Pontianak untuk mengikuti perlombaan  ini dengan sistem perolehan nilai secara tim. Kegiatan Seleksi Final Olimbio, Presentasi LKTI, dan Jawara Biologi dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2017.

SMAK Immanuel Pontianak keluar sebagai Juara I pada Olimpiade Biologi, disusul dengan SMA Bina Mulya Pontianak sebagai Juara II dan SMA Santu Petrus Pontianak sebagai Juara III. LKTI dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Pontianak yang membawa karya tulis berjudul “Efek Suhu dan Waktu Ekstraksi Terhadap Senyawa Nutrisi Kulit Lidah Buaya”. Posisi kedua diraih oleh SMAK Immanuel Pontianak dengan karya tulis berjudul “Pemanfaatan Terung Dayak Sebagai Olahan Selai Tar Terung Dayak (Tarteda)”. Posisi ketiga diraih oleh SMA Negeri 1 Sambas dengan karya tulis berjudul “Daun Kenikir Sebagai Pencegah dan Penekan Gejala Alergi)”. SMP Bina Mulya Pontianak memenangi perlombaan Jawara Biologi pada posisi pertama, disusul dengan SMP Muhammadiyah Pontianak pada posisi kedua dan SMP Santu Petrus Pontianak pada posisi ketiga.

Pada acara puncaknya yaitu Seminar yang mengusung tema “Lingkungan Hidupmu Mencerminkan Kualitas Hidupmu” menghadirkan pemateri Nordianto Hartoyo Sanan sebagai  Duta Wisata Indonesia Lingkungan 2014 dan Mas Ariandi Kurniawan sebagai Ketua Hi-Lo Green Community Pontianak. Acara diakhiri pada Malam Puncak yang diramaikan oleh penampilan band lokal pada tanggal 7 Oktober 2017.

© 2017

PROGRAM STUDI BIOLOGI | UNIVERSITAS TANJUNGPURA