Pengabdian Kepada Masyarakat

Sosialisasi dan Pelatihan Proses Pengawetan Ikan Dengan Pengasapan di Desa Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah

By Admin

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan oleh tim Dosen dan beberapa orang mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura. Dalam pelaksanaannya Jurusan Biologi FMIPA Untan akan melakukan sosialisasi dan pelatihan pengawetan ikan dengan pengasapan. Kegiatan ini diharapkan agar dapat memberikan solusi ataupun pilihan teknik pengawetan ikan selain pengawetan ikan yang umum dilakukan oleh masyarakat di kecamatan Siantan. Disamping itu pelatihan yang diberikan juga dapat meningkatkan keterampilan masyarakat serta nilai ekonomis ikan.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan pada hari selasa tanggal 8 Oktober 2019 di kantor Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah dengan peserta sasaran ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok PKK dari lima desa.   Kegiatan dibuka oleh bapak Drs. M. Erfiza, M.Si selaku camat pada Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah, dilanjutkan kata sambutan dari ketua Jurusan Biologi FMIPA Untan Dr. Kustiati, M.Si. Kegiatan PKM dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu sosialisasi melalui pemaparan materi yang berhubungan manfaat, nilai gizi, cara pembuatan ikan asap dan contoh alat yang dapat digunakan.  Sebelum dan setelah pemaparan, peserta diminta untuk mengisi kuisoner yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peserta mengenal teknik pengawetan ikan yang akan dipraktekkan dan bagaimana antusiasme peserta untuk melakukan teknik pengawetan setelah pelatihan. Penyampaian materi dilakukan oleh Rikhsan Kurniatuhadi, M.Si dan Riza Linda, M.Si.  Selanjutnya peserta dibawa untuk praktek langsung pembuatan ikan asap yang dilakukan di halaman kantor kecamatan

Setelah Kegiatan PKM, dilakukan serah terima barang yaitu drum pengasapan oleh ketua Jurusan Biologi kepada camat Siantan yang merupakan sumbangan dan kenang-kenangan tim PKM Jurusan Biologi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Siantan.

© 2017

PROGRAM STUDI BIOLOGI | UNIVERSITAS TANJUNGPURA